1. Pedang-pedang di One Piece terbagi atas beberapa kelas/tingkatan yang mewakili kehebatan atau kekuatan dari pedang tersebut. Tingkat pertama di akui sebagai pedang-pedang dengan level tinggi yang paling terbaik di dunia dan diikuti oleh tingkatan pedang yang berikutnya. Ada 4 tingkatan pedang di Anime One Piece yang diketahui, apa saja itu?

    1. Kelas 12 Pedang Tertajam – 最上大業物 (Saijō Ō Wazamono)

    Kelas 12 Pedang Tertajam merupakan tingkatan pedang dengan level tertinggi yang dibuat dengan kualitas terbaik dibandingkan pedang-pedang lainnya. Ke-12 pedang ini merupakan pedang terkuat didunia, pokoknya pedang ini “The Best” lah..
    Baru diketahui 2 pedang yang masuk dalam kategori Saijō Ō Wazamono (itulah sebabnya aku gak mau bahas pedang ini doang….), yaitu:

    1. Kokutō Yoru
    Kokutō Yoru merupakan pedang hebat yang dimiliki oleh Juraquille Mihawk dari shicibukai. Ketika Mihawk mengayunkan pedangnya, pedangnya akan menghasilkan gelombang warna ungu gelap dan dapat menghancurkan kapal galeon raksasa, dan tak heran pedang ini masuk dalam tingkatan pedang tertajam di dunia karena pedang ini sangatlah kuat. 
    Macam Pedang Dan Tingkatan Pedang Di One Piece
    Macam Pedang Dan Tingkatan Pedang Di One Piece
    Nama : Kokuto Yoru – 黒刀 夜 (pedang kegelapan malam)
    Pemilik : Dracule “Hawkeye” Mihawk
    Catatan: Mihawk menaruh pedangnya dipunggungnya. Dan panjang pedangnya sepanjang tubuhnya, walau mihawk duduk, pedangnya masih ada dipunggungnya. 

    2. Shodai Kitetsu
    Sama halnya dengan pedang Kitetsu lainnya, pedang ini memiliki kutukan atau membuat sial (seperti yang dimiliki Zoro, Sandai Kitetsu). Ada varian Pedang Kitetsu, yaitu Sandai Kitetsu, Nidai Kitetsu, dan Shodai Kitetsu. Di antara ketiganya, Shodai Kitetsu merupakan yang terkuat dan masuk level kelas 12 Pedang Tertajam (Saijō Ō Wazamono). Sementara Nidai Kitetsu masuk 21 Pedang Terkuat dan pedangnya Zoro hanyalah pedang tajam terkenal biasa. Shodai Kitetsu sendiri tidak diketahui pemiliknya dan hanya saja pernah disebutkan oleh Tashigi 

    Nama: Shodai Kitetsu – 初代鬼徹 (Iblis generasi pertama-Splitter)
    Pemilik: Unknown
    Info: Pedang ini dijelaskan oleh Tashigi di manga Vol 11

    2. Kelas 21 Pedang Terkuat – 大業物 (Ō Wazamono)

    Pedang di kategori ini merupakan pedang terkuat dengan tingkat luar biasa yang hanya ada 21 di dunia, namun pedang tipe ini masih berada satu tingkat lebih rendah dibawah kelas 12 pedang tertajam 

    最上大業物 (Saijō Ō Wazamono). Ya, kita ibaratkan saja pedang ini ada di lv. 2 dan Saijō Ō Wazamono ada di lv.1 ^^

    Daftar Pedang yang sudah di Ketahui :

    1. Nidai Kitetsu
    Seperti tadi yang sudah disebutkan di atas, salah satu varian dari Pedang Kitetsu masuk kedalam 21 Pedang Terkuat di dunia. Namun sama halnya Shodai Kitetsu, pedang ini masih belum diketahui pemiliknya. 

    Nama : Nidai Kitetsu – 二代鬼徹 (Iblis generasi kedua-Splitter)
    Pemilik : Unknown 

    2. Shūsui (O-Wazamono Shuusui)
    Ini adalah pedang hitam berkualitas tinggi yang dimiliki Zoro. Zoro mendapatkan pedang ini setelah berhasil mengalahkan Ryuma, Zombie samurai lagendaris dari negeri Wano di Thriller Bark. Ryuuma mewariskan pedang itu pada Zoro, dan ia menggunakan pedang ini untuk menggantikan Yubashiri yang telah karatan oleh kapten marinir Shu. Tenaga penghancur yang ada dalam pedang Shusui sangatlah besar. 
    Macam Pedang Dan Tingkatan Pedang Di One Piece
    Macam Pedang Dan Tingkatan Pedang Di One Piece
    Nama: Shūsui – 秋水 (Air musim semi)
    Pemilik : Ryūma → Zoro
    Catatan: nama pedang itu diambil dari legenda samurai, Ryūma, dari negara Wano. 

    3. Wadō Ichimonji
    Pedang ini dulunya miliknya Kuina, namun sekarang dipegang oleh Zoro setelah Kuina meninggal, Zoro memintanya dari Ayahnya Kuina.

    Nama: Wadō Ichimonji – 和道一文字 (satu jalan Harmoni)
    Pemilik : Kuina → Roronoa Zoro
    Harga : sekitar 20,000,000 Berry
    Catatan : ini adalah pedang Zoro yang penting.Pedang ini yg selalu ia letakkan dimulutnya ketika menggunakan teknik tiga pedang (Santoryū). Juga, pedang ini cukup kuat melawan pedang hitam mihawk.

    3. Kelas 50 Pedang Terbaik 

    Ada 50 Pedang yang masuk dalam kelas Ryō Wazamono. Kualitas mereka lebih tinggi tinggi daripada Wazamono tetapi lebih rendah dari O Wazamono Grade Swords.

    Baru diketahui pedang-pedang ini yang masuk dalam kelas 50 Pedang Terbaik : 

    1. Kashū
    Pedang ini dulunya dimiliki oleh Mr.11 anggota Baraque Works. Setelah Mr.11 kalah dalam duel melawan Tashigi, padang ini menjadi milik Tashigi sekarang. 

    Nama: Kashū – 花洲 (Flower State)
    Pemilik: Mr. 11 → Tashigi 

    2. Yubashiri 
    Seperti tadi yang sudah disebutkan di atas, pedang ini merupakan pedangnya Zoro yang telah karatan akibat ulahnya kapten marine Shu. Setelah rusaknya pedang itu, Zoro hanya membiarkannya menggantung ditempatnya (tempat/sarung pedang) 

    Nama: Yubashiri – 雪走 (lari salju)
    Pemilik: Ippon-Matsu (pemilik toko) → Roronoa Zoro
    Catatan: kelihatan ringan, tapi sebenarnya pedang yg kuat. Zoro mendapat pedang ini secara gratis oleh pemilik toko pedang, Ippon-Matsu, di Loguetown. Pedang ini patah dalam pertarungan melawan Kapten Angkatan Laut dan Komandan di Jembatan Keraguan (chapter 426). Pedang patah itu kemudian dimakamkan di Thriller Bark.

    3. Yamaoroshi 
    Masih sedikit informasi mengenai pedang ini, Tapi pedang ini awalnya dimiliki oleh kapten Billy the Orca Killer dari Yes Pirate. Kemudian ketika ia ke Logue Town, ia dikalahkan oleh Tashigi yang dibantu Smoker. Lalu Tashigi meng-klaim pedang itu jadi miliknya. 

    Nama: Yamaoroshi
    Pemilik: Billy the Orca Killer → Tashigi
    Catatan: Tashigi belum bernah terlihat menggunakan pedang ini.

    4. Kelas Pedang Tajam & Terkenal Lainnya – 業物 (Wazamono)

    Kemudian, akhirnya kita sampai ke kelas terakhir yaitu Wazamono. Pedang jenis ini merupakan pedang tajam, namun dengan kualitas terendah untuk pedang bernama (Jika dibandingkan dengan ke-3 level pedang di atas). Namun begitu, pedang ini tetaplah pedang hebat. Banyaknya pedang ini tidak diketahui ada berapa.

    Pedang yg diketahui: 

    1. Sandai Kitetsu
    Pedang ini sudah kusinggung sedikit di atas ^^ Pedang ini adalah pedang miliknya Zoro yang ia pakai saat ini selain Shusui dan Wadō Ichimonji. Sandai Kitetsu adalah pedang jenis Kitetsu dengan tingkat terendah (Kitetsu lainnya sudah dijelaskan diatas). Roronoa Zoro menemukan pedang di sebuah toko di Loguetown. Ketika pemilik pertama kali melihatnya, ia tidak akan membiarkan Zoro untuk membelinya, ia mengatakan pada Zoro bahwa pedang itu membawa kutukan. Zoro menyukai konsep dan memutuskan untuk menguji keberuntungan melawan kutukan. Dia melemparkannya ke udara dan mengulurkan lengannya, bersedia untuk membiarkan pedang itu memotongnya. Beruntung pedang itu tidak mengenai Zoro dan hanya melingkari di sekitar lengannya. Pemilik toko memberikan Zoro Sandai Kitetsu dan Yubashiri secara gratis untuk keterampilan dan keberuntungan. 
    Macam Pedang Dan Tingkatan Pedang Di One Piece
    Macam Pedang Dan Tingkatan Pedang Di One Piece
    Nama: Sandai Kitetsu – 三代鬼徹 (iblis generasi ketiga-Splitter, diketahui sebagai Kitetsu III di Viz translation)
    Pemilik : Ippon-Matsu (pemilik toko) → Roronoa Zoro
    Harga: sekitar 1,000,000 Berry (Tapi dikasih Zoro gratis)
    Catatan : pedang Shodai Kitetsu dan Nidai Kitetsu, kedua pedang ini dianggap terkutuk karena pemilik sebelumnya mati dengan tragis. Zoro mendapat pedang ini secara gratis oleh Ippon-Matsu di Loguetown. 

    2. Shigure
    Pedang ini adalah miliknya Tashigi, merupakan pedang jenis katana normal dengan gagang hijau. Tashigi cukup terampil dalam menggunakan pedang ini 
    Macam Pedang Dan Tingkatan Pedang Di One Piece
    Macam Pedang Dan Tingkatan Pedang Di One Piece
    Nama: Shigure – 時雨 (Gerimis, diketahui sebagai Autumn Rain di Viz translation)
    Pemilik: Tashigi 

    Macam Pedang Di One Piece 

    Katana aka Pedang adalah senjata panjang bermata, digunakan dalam berbagai bentuk oleh berbagai peradaban di seluruh dunia One Piece.
    Pedang fundamental terdiri dari pedang, dengan satu atau dua tepi untuk menusuk dan memotong, dan gagang untuk mencengkeram. Maksud dasar dan bentik fisik dari ilmu pedang cukup konstan selama berabad-abad, namun teknik yang sebenarnya bervariasi antar budaya dan periode sebagai akibat dari perbedaan dalam desain pedang dan kegunannx. Nama-nama yang diberikan kepada banyak pedang dalam mitologi, sastra, dan sejarah mencerminkan prestise tinggi sebuah senjata.

    * Meito
    Pedang adalah senjata yang sangat umum di dunia One Piece. Banyak orang memegang pedang, tapi ada orang-orang yang berlatih keras, dan belajar untuk menggunakan pedang dengan sangat baik. Orang-orang ini dikenal sebagai pendekar pedang. Sepanjang One Piece, pedang muncul dalam berbagai kelas dan jenis yang berbeda. Beberapa pedang yg mereka egang dinamai dan bahkan diklasifikasikan sebagai “meito”.
    Meito (名刀 Meitō, secara harfiah berarti “Pedang Terkenal” atau “Pedang Bagus”) Bukan tipe pedang melainkan status pedang.
    Di Jepang, ini berarti pedang yg memiliki sejarah dan status legendaris. Pedang biasanya memiliki kualitas yang menonjol di atas semua pedang lainnya dalam daya tahan dan ketajaman. Meito kadang-kadang dikaitkan dengan prajurit yang memegang dan menjadi bagian dari identitasnya. Terlepas dari siapa yang memiliki mereka meito dipandang dengan hormat tertinggi di Jepang dan diberi meito adalah untuk membawa kehormatan besar bersamanx. Seringkali prajurit yang kalah dalam pertempuran akan diambil meito mereka dari mereka oleh pemenang, sehingga kehilangan kehormatan mereka bersama dgn kehilangan Meito.
    Untuk memegang suatu meito terhormat, biasanya akan diturunkan kepada mereka dari master ke siswa atau dari anggota keluarga lainnya. Ada beberapa metode lain di samping ini yang diterima tetapi jarang. Metode lain mendapatkan meito terhormat itu akan ditawarkan, hal ini biasanya sebagai menunjukkan perasaan hormat dari satu orang ke orang lain. Seorang prajurit juga dapat menang dalam pertempuran melawan prajurit lain dalam duel yang adil dan dengan demikian diizinkan untuk mengklaim itu sebagai milik mereka.
    Untuk mencuri meito atau menggunakan tindakan lain yang tercela adalah menunjukkan rasa tidak hormat pda meito dan prajurit yang melakukannya akan sangat dibenci. Untuk menempatkan status meito dalam gaya berpikir orang barat, yang mna meito akan dianggap dalam status setara dengan pedang seperti Excalibur (yang akan dianggap sebagai Raja Arthur “meito” dalam arti Jepang).
    Dalam One Piece, meito sering salah diterjemahkan sebagai salah bagian dari nama pedang (misalnya Zorro yang Shusui yang sering dicatat oleh fans sebagai “Meito Shusui” bukan hanya “Shusui” dalam kesalahan orang-orang yang tidak mengerti bahwa Meitou adalah status) atau sebagai “nama pedang”.
    Impian Tashigi adalah untuk membebaskan semua meito dari tangan penjahat seperti bajak laut. Dia percaya pedang menangis karena bukannya digunakan untuk perbuatan mulia dan terhormat, mereka malah digunakan untuk kejahatan. Alasannya mengejar Zoro untuk mendapatkan kepemilikan meito nya, Wado Ichimonji yang dia percaya adalah di tangan orang jahat. Sejauh yang kita tahu ia telah mengambil pedang Kashū, pedang tidak terdaftar sebagai Meitou tapi masih salah satu Kelas Pedang Ryo Wazamono.

    * Katana
    Katana (刀 katana, Secara harfiah berarti “backsword”) adalah jenis pedang Jepang. Ini adalah bermata tunggal, pedang melengkung yang digunakan oleh banyak samurai. Diucapkan sebagai “kah-tah-nah”, baik katana dan katanas dapat diterima sebagai bentuk jamak. Shigure Tashigi adalah sebuah katana. Panjang katana adalah antara 60-73 sentimeter. Peringkat tinggi Marinir, terutama Wakil Admirals, menggunakan katana atau pedang yang sangat menyerupai katana.

    * Kogatana
    Kogatana (小刀 kogatana, Secara harfiah berarti “pedang/pisau kecil bermata satu”) adalah versi yang sangat kecil dari sebuah katana. Hal ini lebih seperti pisau tangan, dan biasanya digunakan untuk cadangan saat melawan samurai. Sebuah kogatana biasanx berukuran tangan orang rata-rata sekitar ukuran belati kecil. Dracule Mihawk menggunakan ini untuk melawan lawan yang lemah, dan kadang-kadang menggunakannx untuk makan.

    * Daito
    Daripada senjata tertentu, Daito (大刀 Daito, secara harfiah berarti “pedang panjang”) Sebenarnya merupakan kategori pedang dibawah katana dan tachi. Untuk memenuhi syarat sebagai Daito, pedang harus memiliki pisau lebih panjang dari 2 Shaku (sekitar 24 inci atau 60 cm) dalam garis lurus. Dalam kasus Roronoa Zoro, ketiga pedang yang ia gunakan untuk itu Santoryu semua dikukuhkan sebagai Daito katanas.

    * Nodachi
    Nodachi (野 太 刀 nodachi, Secara harfiah berarti “field sword”) adalah pedang dua tangan besar Jepang. Dibandingkan dengan katana, nodachi lebih sulit untuk dipegang karena ukuran dan berat, tetapi – seperti senjata apapun – bisa sangat mematikan jika prajurit yg menghunus itu terampil. Panjang gagang nodachi itu bervariasi antara 12-13 inci (30-33 cm). Kemampuan memotong dan jangkauan melebihi yang dari katana, karena berat dan ukuran. Nodachi panjangnx bisa mencapai 1,50 meter. Kapten Heart Pirates, Trafalgar Law memengang salah satu, akan digunakan dalam saat terdesak dengan kekuatan Buah Iblis nya. Shiliew, mantan Kepala keamanan Impel Down, juga memiliki salah satu pedang jenis ini.

    * Cutlass
    Cutlass (カットラス Kattsutorasu) Adalah pedang pendek dan tebal, dengan bentuk lurus atau sedikit melengkung dan tajam di ujungnx, dan gagang sering menampilkan penutup seperti perisai penjaga. Terbaik dikenal sebagai senjata pilihan para pelaut, mungkin karena itu juga cukup kuat untuk memotong tali berat, kanvas, dan kayu. Itu juga cukup pendek untuk digunakan di tempat yang relatif dekat. Banyak prajurit Marinir berpangkat rendah dan bajak laut yang terbukti memegang salah satu pedang jenis ini.

    * Saber
    Saber (サーベル Sāberu) Adalah jenis pedang dengan ujung pisau tunggal dengan penjaga tangan yang besar. Pisau yang biasanya (tetapi tidak selalu) melengkung panjang variabel. Tidak seperti cutlass, pedang ini lebih panjang dan tipis. Pedang ini sering terlihat sedang digunakan oleh karakter latar belakang. Penggunaan paling menonjol dari satu ini adalah dengan Shanks, yang tampaknya lebih menyukainx dari jenis pedang lainnya. Pedang-Nya tampaknya lebih besar daripada yang normal. Vista juga mempekerjakan dua pedang jenis ini dalam pertempuran. Laksamana Onigumo menggunakan delapan pedang ini dalam perubahan yg berbasis laba-laba dari kekuatan Buah Iblis nya.

    * Kukri
    Kukri (ククリ Kukuri) Adalah pedang berat melengkung yg digunakan untuk sebagai alat dan senjata. Pedang ini sedikit bengkok pada sudut 20 °, meskipun beberapa contoh memiliki sudut yang sangat curam. Kukri dimulai dengan 3 hingga 10 cm, panjangnya 30 cm dan seterusnya, meruncing ke arah tepi dari margin atas luas. Hampir selalu memiliki sisi tunggal dan hampir tidak pernah memiliki “false edge”. Ini biasanya memiliki tulang belakang yang sangat tebal dan dalam banyak hal merupakan hibrida antara pisau dan kapak. “Big-knife” yang digunakan oleh Sarquiss menyerupai kukri, dan Helmeppo menggunakan dua kukri untuk pertempuran.

    * Shikomizue
    Shikomizue (仕込み 杖 shikomizue, secara harfiah berarti “prepared cane”) Adalah pedang yg biasanya disembunyikan di dalam tongkat. Brook telah terlihat memegang jenis ini untuk Gaya Anggar nya, Kaku menggunakan sepasangan yang juga menyerupai shirasaya katanas, dan Roronoa Zoro juga menggunan satu dalam kilas balik di anime.