King memahami model konsep dan teori keperawatan denag menggunakan pendekatan system terbuka dalam hubunagn interaksi yang konstan dengan lingkunagan, sehingga King mengemukakan dalm model konsep interaksi.

Dalam mencapai hubungan interaksi, King mengemukakan konsep kerjanya yang meliputi adanya system personal, system interpersonal dan system social yang saling berhuabungan satu dengan yang lain.

1.    Sistem Personal

Menurut king setiap individu adalh system personal (system terbuka). Untuk system personal konsep yang relevan adalah persepsi, diri, pertumbuhan dan perkembangan, citra tubuh, dan waktu.

2.    Sistem Interpersonal

King mengemukakan system interpersonal terbentuk oleh interkasi antra manusia. Interaksi antar dua orang disebut DYAD, tiga orang disebut TRIAD, dan empat orang disebut GROUP. Konsep yang relefan dengan system interpersonal adalah interkasi, komunikasi, transaksi, peran dan stress.

3.    Sistem Sosial

King mendefinisikan system social sebagai system pembatas peran organisasi sosisal, perilaku, dan praktik yang dikembangkan untuk memelihara nilai-nilai dan mekanisme pengaturan antara praktk-praktek dan aturan (George, 1995). Konsep yang relevan dengan system social adalah organisasi, otoritas, kekuasaan, status dan pengambilan keputusan.

Berdasarkan hal diatas,manusia mempunyai tiga dasar kebutuhan kesehatan yang fundamental:

1.      Kebutuhan terhadap informasi kesehatan dan dapat dipergunakan pada saat dibutuhkan.

2.      Kebutuhan terhadap palayanan kesehatan bertujuan untuk pencegahan penyakit.

3.  Kebutuhan terhadap pelayanan kesehatan yang dibutuhkan ketika individu tidak mampu untuk  membantu dirinya sendiri