Bisnis(perusahaan) adalah organisasi yang menyediakan barang atau jasa dengan maksud mendapatkan laba.Sedangkan laba adalah perbedaan antara penerimaan bisnis dengan biaya-biayanya dan merupakan pendorong orang-orang untuk memulai dan mengembangkan bisnis.

Faktor-faktor produksi

Faktor produksi adalah sumber daya mendasar yang digunakan oleh bisnis-bisnis di suatu negara untuk menghasilkan barang dan jasa.Faktor-faktor bisnis itu antara lain :

a.Tenaga kerja

adalah kemampuan fisik dan mental orang-orang sewaktu mereka berkontribusi pada produksi di dalam perekonomian.

b.Modal

adalah dana yang dibutuhkan untuk menjalankan perusahaan.Modal dibutuhkan untuk memulai bisnis ataupun untuk menjaga perusahaan tersebut dapat tetap beroperasi dan tumbuh.

c.Wirausahawan

adalah individu yang menanggung risiko dan peluang yang ditimbulkan oleh penciptaan dan pengoperasian bisnis baru.

d.Sumber Daya Fisik

adalah hal-hal berwujud yang digunakan organisasi dalam melaksanakan bisnis mereka,seperti bahan baku,fasilitas perkantoran dan produksi.

e.Sumber Daya Informasi

adalah data atau informasi lain yang digunakan oleh bisnis.

Jenis-jenis sistem ekonomi

a.Perekonomian terpimpin adalah perekonomian yang mengandalkan pemerintah terpusat untuk mengendalikan semua atau sebagian besar faktor produksi dan untuk membuat semua atau sebagian besar keputusan produksi  dan alokasi.

b.Perekonomian pasar adalah perekonomian dimana individu-individumengendalikan keputusan produksi dan alokasi melalui penawaran dan permintaan.Pasar adalah mekanisme pertukaran barang dan jasa tertentu antara pembeli dan penjual.

Pasar input adalah pasar tempat perusahaan membeli sumber daya dari pemasok rumah tangga.Pasar output adalah pasar tempat perusahaan menyediakan barang dan jasa sebagai tanggapan atas permintaan dari pihak rumah tangga.

Basis politis dari proses pasar adalah kapitalisme yang mendorong kepemilikan swasta atas faktor-faktor produksi dan mendorong kewirausahaan dengan menawarkan laba sebagai insentif.

Permintaan dan Penawaran dalam Perekonomian Pasar

a.Permintaan

adalah kemauan dan kemampuan pembeli untuk membeli barang atau jasa tertentu.

Hukum permintaan adalah pembeli akan membeli (permintaan) lebih banyak produk ketika harganya turun dan membeli lebih sedikit produk ketika harganya meningkat.

b.Penawaran

adalah kemauan dan kemampuan produsen untuk menawarkan barang atau jasa tertentu untuk dijual.

Hukum penawaran adalah produsen akan menawarkan (penawaran) lebih banyak produk untuk dijual ketika harganya meningkat dan lebih sedikit ketika harganya turun.

 

Perusahaan swasta yaitu sistem ekonomi yang memperbolehkan individu-individu memenuhi kepentingan pribadi mereka tanpa pembatasan pemerintah yang  tidak semestinya.

Perusahaan swasta menuntut adanya 4 unsur :

  • Hak properti pribadi : kepemilikan atas sumber daya yang digunakan untuk menciptakan kekayaan ada ditangan individu.
  • Kebebasan memilih : kebebasan dalam memilih menjual tenaga kerja kepada siapa saja,dan juga membeli dari produsen yang mana saja.
  • Laba
  • Persaingan : perlombaan antar perusahaan untuk mendapatkan sumber daya atau pelanggan yang sama.

4 tingkat persaingan yaitu :

  • Ø Persaingan sempurna : pasar atau industri yang dicirikan oleh perusahaan kecil yang banyak jumlahnya dan membuat produk yang sama.
  • Ø Persaingan monopolistik : pasar atau industri yang dicirikan oleh banyak pembeli dan relatif banyak penjual yang berusaha membedakan produk mereka dari pesaingnya.
  • Ø Oligopoli : pasar atau industri yang dicirikan oleh penjual yang sedikit (umumnya berskala sangat besar) yang mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi produk-produk mereka.
  • Ø Monopoli : pasar atau industri dimana hanya ada satu produsen yang dapat menetapkan harga-harga produknya.

 

 

 

LINGKUNGAN BISNIS

 

Batas organisasi

Adalah batas yang memisahkan organisasi dari lingkunganya.

Unsur-unsur yang tercakup dalam lingkungan organisasi perusahaan adalah kondisi ekonomi,teknologi,pertimbangan politik-hukum,isu sosial,lingkungan global,isu tanggungjawab etis dan sosial,lingkungan bisnis itu sendiri,dan juga tantangan dan peluang yang muncul.

2 hal yang terjadi saat pertumbuhan organisasi :

ð Output per kapita : jumlah barang dan jasa yang dihasilkan oleh sistem per orang naik dan sistem menyediakan relatif lebih banyak barang dan jasa yang diinginkan orang.

ð Orang mendapatkan manfaat dari standar hidup yang lebih tinggi ,mereka dapat membeli banyak barang dan jasa dengan mata uang mereka.

Neraca perdagangan

adalah nilai ekonomis bagi semua produk yang diekspor sebuah negara dikurangi nilai ekonomis produk yang diimpor.

Prinsipnya adalah :

a.Neraca perdagangan itu positif bila ekspor sebuah negara(menjual ke negara lain) besar dari impornya(membeli dari negara lain).

b.Neraca perdagangan itu negatif bila impor sebuah negara lebih besar dari ekspor.

Hutang nasional

adalah jumlah uang yang dibayarkan pemerintah kepada kreditornya.

Stabilitas ekonomi

berarti bahwa jumlah uang yang tersedia dalam sistem ekonomi dan jumlah barang serta jasa yang diproduksi dalam sistem tersebut tumbuh kira-kira pada tingkat yang sama.

Dua ancaman utama terhadap stabilitas :

v Inflasi terjadi bila ada kenaikan harga dimana-mana di seluruh sistem  ekonomi.

v Pengangguran adalah tidak adanya pekerjaan bagi mereka yang aktif mencari kerja.

Pemerintah mengelola ekonomi melalui 2 perangkat kebijakan.

  1. Pemerintah mengelola penagihan dan pengeluaran pendapatannya melalui kebijakan fiskal (seperti kenaikan pajak).
  2. Kebijakan moneter berfokus pada pengendalian ukuran pasokan uang negara.

Kebijakan stabilisasi

adalah kebijakan perekenonomian pemerintah yang tujuannya adalah memuluskan fluktuasi dalam output dan pengangguran serta menstabilkan harga.

Teknologi merujuk pada semua cara yang digunakan perusahaan untuk menciptakan nilai bagi konstituen mereka, termasuk pengetahuan manusia, metode kerja, peralatan fisik, elektronik dan telekomunikasi, serta berbagai sistem pengelolaan.

Perencanaan sumber daya perusahaan (ERP)

adalah sistem informasi skala besar untuk mengorganisasi dan mengelola proses perusahaan sepanjang lini produk, departemen, dan lokasi geografis.