Pasar secara sederhana dapat diartikan sebagai tempat bertemunya para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi. Pengertian lebih luas tentang pasar adalah himpunan pembeli nyata dan pembeli potensial atas suatu produk. Secara umum faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan suatu barang atau jasa adalah harga barang itu sendiri, harga barang lain yang memiliki hubungan, pendapatan, selera, jumlah penduduk, dan faktor khusus. Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran suatu barang atau jasa adalah harga barang itu sendiri, harga barang lain yang memiliki hubungan, teknologi, harga input, tujuan perusahaan, faktor khusus.Usaha untuk melakukan pemasaran tidak terlepas dari struktur pasar. Oleh karena itu pengenalan struktur pasar yang ada mutlak diperlukan sebelum produk tersebut diluncurkan.

Adapan jenis struktur pasar yang ada dapat dikelompokkan ke dalam:

1.   pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar dimana terdapat sejumlah besar penjual dan pembeli, sehingga tindakan penjual secara individu tidak dapat mempengaruhi harga barang di pasar.

2.     Pasar persaingan monopolistic adalah suatu pasar dimana terdapat banyak penjual atau perusahaan dan mempunyai ukuran-ukuran yang relative sama besarnya.

3.       Pasar oligopoly adalah sebuah struktur pasar yang hanya terdapat sedikit penjual yang kurang dari 10 penjual.

4.       Pasar monopoli adalah struktur pasar dimana hanya terdapat satu penjual saja

 

pemasaran

Pemasaran (Marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

 

Dalam prakteknya kelompok pasar terdiri dari:

1.  Pasar konsumen adalah pasar dimana individu dan rumah tangga dapat membeli/memperoleh barang dan jasa untuk konsumsi sendiri.

2.    Pasar industrial adalah dimana pihak-pihak yang membeli barang dan jasa digunakan kembali untuk menghasilkan barang dan jasa lain atau disewakan kepada pihak lain untuk mengambil untung.

3.    Pasar reseller adalah suatu pasar yang terdiri dari individu dan organisasi yang melakukan penjualan kembali barang dan jasa untuk mendapatkan keuntungan.

4.  Pasar pemerintah adalah yang terdiri dari unit-unit pemerintah yang membeli atau menyewa barang dan jasa untuk melaksanakan fungsi utama pemerintah.

 

  1. 1.      Segmentasi pasar

 

Segmentasi pasar artinya membagi pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda yang mungkin memerlukan produk atau marketing mix yang berbeda pula.Variabel utama untuk melakukan segmentasi pasar industrial adalah sebagai berikut:

  • Segmentasi  berdasarkan demografik terdiri dari: jenis industry, besar perusahaan, lokasi perusahaan.
  • Karakteristik pengoprasian terdiri dari: teknologi yang difokuskan, status pengguna, kemampuan pelanggan.
  •  Pendekatan pembeli terdiri dari: organisasi berfungsi pembeli, sifat hubungan yang ada, struktur kekuatan, kebijakan pembelian umum, criteria.
  • Karakteristik personil industri terdiri dari: kesamaan pembeli, sikap terhadap resiko, kesetiaan.
  •  Faktor situasional terdiri dari: urgensi, pengguna khusus, besarnya pesanan.
  1. 2.      Menetapkan Pasar Sasaran

Pengertian secara umum adalah mengevaluasi  keaktifan setiap segmen, kemudian  memilih salah satu dari segmen pasar atau lebih dilayani. Dengan cara mengembangkan ukuran-ukuran dan daya tarik segmen kemudian memilih segmen sasaran yang diinginkan. Kegiatan menetapkan pasar sasaran meliputi:

1.       Evaluasi segmen pasar

a.        Ukuran dan pertumbuhan segmen.

b.       Struktur segmen yang menarik dilihat dari segi profitabilitas.

c.        Sasaran dan sumber daya perusahaan.

 

2.      Memilih segmen

a.        Pemasaran serba sama

b.        Pemasaran serba aneka

c.        Pemasaran serba terpadu

 

  1. 3.      Menentukan Posisi Pasar

Yaitu menentukan posisi yang kompetitif untuk produk atau suatu pasar. Strategi penentuan posisi pasar terdiri dari: atas dasar atribut, kesempatan penggunaan, menurut kelas pengguna, langsung menghadapi pesaing, kelas produk.

Memilih dan melaksanakan strategi penentuan posisi pasar:

 

  • Identifikasikan keunggulan kompetitif yang mungkin memberikan nilai yang terbesar dengan cara mengadakan perbedaan, yaitu: diferensiasi produk, diferensiasi jasa, diferensiasi personil, diferensiasi citra.
  •  Memilih keunggulan kompetitif yang tepat. Berapa banyak perbedaan dipromosikan Perbedaan mana yang dipromosikan
  • Mewujudkan dan mengkomunikasikan posisi dipilih.