Di bawah ini merupakan beberapa masalah yang berhubungan dengan profesi apoteker.

  1. Sangat banyak orang tidak mengenal apa itu profesi apoteker, tapi yang lebih parah, apotekernya sendiri yang tidak mengenal apa itu profesi apoteker, sehingga apresiasi masyarakat luas untuk profesi apoteker sangat-sangat kurang (karena memang kontribusi apoteker untuk masyarakat luas pun sangat-sangat kurang)
  2. Organisasi profesi yang berhibernasi, tidur cukup lama. Bahkan banyak apoteker yang bertanya, “Apa sih untungnya terdaftar jadi anggota ISFI?” -ISFI Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia-Organisasi Profesi Apoteker Indonesia- Tapi mudah-mudahan ISFI yang sekarang bisa lebih baik, karena minimal terlihat sudah punya niat kuat untuk mulai bangun dari tidurnya.
  3. Standar gaji apoteker yang termasuk rendah, apabila dibandingkan dengan tingkat kesulitan ilmu dan resiko pekerjaan yang akan dihadapi. Pekerjaan apoteker tentu sangat berhubungan dengan keselamatan jiwa seseorang, karena sangat erat hubungannya dengan obat yang notabene racun bagi tubuh.
  4. Masih banyak apoteker yang merasa “tidak ada apa-apa / semua baik-baik saja ” dengan profesinya. Nah ini yang lumayan parah. Gimana kondisi profesi ini bisa membaik jika personilnya sendiri tenang-tenang saja.
  5. Kurangnya kepercayaan diri kebanyakan rekan sejawat apoteker akan ilmu yang dimiliki maupun tentang profesi yang disandangnya.