1.            pancasila sebagai dasar negara drumuskandari nilai2 masyarakat indo yang berasal dari pandangan hidupbangsa yang merupakan kepribadian bangsa,perjanjian luhur serta tujuan yang hendak di capai.maka dari itu pancasila sebagai ideolagi negara
2.            pancasila merupakan kesdaran cita2 hukum serta cita2 moral luhur yang memilki suasana kejiwaan seerta watak bangsa indonesia melandasi proklamasi kemerdekaan RI 17-08-1945

jadi pancasila adalah jiwa,ini sumber dn landasan uud 45.se3cara teknis dapat di katakan bahwa pokok2 pikirayang terdapat pd uud 45 adalah garis besar cita-yang terkandung dalam pancasila.batang tubuh uud 45 merupakan pokok2 nilAI PANCASILA yang di susun dalm pasal2.

Contoh negara yang menggunakan sistem pemerintahan presidensial: Amerika Serikat, Filipina, Brasil, Mesir, dan Argentina. Dan contoh negara yang menggunakan sistem pemerintahan parlemen: Inggris, India, Malaysia, Jepang, dan Australia.
indonesia yang menganut sistem pemerintahan presidensial tidak akan sama persis dengan sistem pemerintahan presidensial yang berjalan di Amerika Serikat. Bahkan, negara-negara tertentu memakai sistem campuran antara presidensial dan parlementer (mixed parliamentary presidential system). Contohnya, negara Prancis sekarang ini. Negara tersebut memiliki presiden sebagai kepala negara yang memiliki kekuasaan besar, tetapi juga terdapat perdana menteri yang diangkat oleh presiden untuk menjalankan pemerintahan sehari-hari.

Hubungan antara Pancasila dengan Proklamasi
Nilai-nilai pancasila pada saat penjajah (kolonial) sebelum terjadinya proklamasi selalu direndahkan, dilecehkan, diinjak-injak. Kemudian dengan dilakukannya proklamasi nilai pancasila ditegakkan, diselamatkan, di tinggikan, dijunjung tinggi. Sehingga dengan melakukan proklamasi yang pada awalnya pada masa penjajahan pancasila tidak dianggap bahkan di lecehkan maka dengan perjuangan rakyat bangsa indonesia kedudukan pancasila sebagai dasar negara kembali di tegakkan.

About these ads